RPP KLS 1 SEJARAH SMA



            

ESAP  M SI

           RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MATA PELAJARAN SEJARAH
KELAS X,  XI IPA,  XI IPS,  XII IPS  DAN  XII IPA





















  S. ESAP. M. Si
                 GURU BIDANG STUDI



















                   SEKOLAH SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI  SAMARINDA
         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                  MATA PELAJARAN      SEJARAH
                                                     KLAS 1 ( Satu) / X   (Sepuluh)








                                 






                                            

                                                     (Setiunus Esap.   M. Si)
                        Guru Mata Pelajaran Sejarah























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                           :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN             :  SEJARAH          
KLAS                                  :  1 ( Satu)  X
PERTEMUAN                       :  1   Waktu 45´2               
                             
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
·          Mendiskripsikan, memahami pengertian sejarah
·          Membedakan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu dan seni
·          Mendiskripsikan periodisasi dan kronologi.
·          Mendiskripsikan kegunaan sejarah

D. Indikator  :   Siswa  memahami dan mendiskripsikan prinsip dasar ilmu sejarah

E.  Materi :
      A.  Apa itu ilmu Sejarah : 1.  Arti kata sejarah         2.  ciri – ciri utama Sejarah 
      B  Hakekat dan ruang lingkup sejarah :  1. Sejarah sebagai peristiwa   2. sejarah sebagai Ilmu     3. Sejarah Sebagai seni


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
             
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  71         
b. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          c. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
   
     3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika BAB I halaman 1-8



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)

 







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                      :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH     
KLAS                             :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  2. Waktu 45´2                     
                            
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan, memahami pengertian sejarah
  • Membedakan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu dan seni
§   Mendiskripsikan periodisasi dan kronologi.
§   Mendiskripsikan kegunaan sejarah

D. Indikator  :  
Siswa  memahami dan mendiskripsikan pengertian sejarah, konsep pereodisasi, kronologi dan ilmu sejarah.

E.  Materi
C. Periodisasi, Kronologi, Kronik, dan Historiografi dalam sejarah :  
1    Konsep Periodesasi dalam Ilmu Sejarah  
2.  Konsep Kronologi dalam Ilmu Sejarah          
3.  Konsep Kronik dalam Ilmu Sejarah   4. Historiografi dalam ilmu sejarah

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :                     
            a. Selamat  dan Salam                                                                                       1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
            b. Guru tanya sampai di mana materi pelajaran                                                   1
    
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70          
b. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          c Diskusi, Tanya jawab                                                                                        15
          d. PR                                                                                                                 
   
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika BAB I halaman 9-14




         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS )                                                                    (S. Esap. M. Si)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                      :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH  
KLAS                            :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                   :  3. Waktu 45´2
                                   
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan pengertian sejarah sebagai peristiwa,kisah, ilmu dan seni
  • Membedakan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu dan seni
  • Mendiskripsikan periodisasi dan kronologi.
  • Mendiskripsikan kegunaan sejarah sebagai peristiwa kisah ilmu dan seni
  •  
 D. Indikator  : 
Siswa memahami dan mendiskripsikan Jenis-jenis sejarah, konsep pereodisasi,kronologi, kronik ilmu sejarah. Dan Manfaat Belajar Sejarah

E.  Materi :                                                        
 D.  Jenis-jenis sejarah : 1. Sejarah Lokal  2. Sejarah Nasional  3. Sejarah Dunia.  4. Sejarah Geografi
 5. Sejarah Ekonomi  6. Sejarah ketatanegaraan dan politik pemerintahaan 7. Sejarah Sosial
 E. Manfaat Belajar Sejarah :1. Arti penting Sejarah   2. Peran Sejarah dalam kehidupan Masyarakat                                                         
F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat  dan Salam                                                                                       1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
             
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  71          
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika BAB I halaman 15-26




         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH    
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  4. Waktu 45´2                                             
           
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan pengertian sejarah
  • Membedakan sejarah sebagai peristiwa
  • Mendiskripsikan periodisasi dan kronologi
  • Mendiskripsikan kegunaan sejarah sebagai peristiwa kisah ilmu dan seni
 D. Indikator  :  
Siswa memahami dan mendiskripsikan arti sejarah dan Jenis-jenis Sejarah

E.  Materi
Bab 1 :Apa itu sejarah sampai peran sejarah dalam kehidupan masyarakat

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. menyiapkan untuk ulangan                                                                             2

    
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan  materi yang lalu                                             10          
          b. Ulangan Blok                                                                                                  75
                                                                                                                                   
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 1 hal 1-23





         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH    
KLAS                           :  1 ( Satu) / X  
PERTEMUAN                 :   5  Waktu 45´2                                             
                             
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan cara masyarakat yang belum mengenal tulisan  dalam mewariskan masa lalunya
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan
  • Mengklarifikasi jejak sejarah dalam folklore, mitologi, legenda upacara dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengklarifikasi perkembangan penulisan sejarah di ndonesia

D. Indikator  :
    Siswa memahami dan mendiskripsikan tradisi  Masyarakat indonesisa sebelum mengenal tulisan dan Cara  Masyarakat  masa prasejarah mewariskan masa lalunya

E.  Materi Bab 2 :Tradisi sejarah Indonesia di masa Prasejarah dan masa sejarah
          A.  Tradisi  Masyarakat indonesisa sebelum mengenal tulisan :1. Cara  Masyarakat  masa prasejarah mewariskan masa lalunya        2. Tradisi sejarah Masyarakat indonesia sebelum mengenal tulisan : a. Sistim kepercayaan Masyarakat   b. Sistim Kemasyarakakatan.  c. Pertanian. d. Kemampuan berlayar  e. Sistim Bahasa. f. Ilmu pengetahuan. g. Organisasi sosial. h.  Tehnologi. i. Sisitim ekonomi   j. Kesenian 

          
F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
            b. Guru tanya sampai di mana materi pelajaran                                                   1
    
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70          
b. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          c. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
                                                                                                                                    
   
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 2  halaman 28-36




         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS )                                                                    (S. Esap. M. Si)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                       :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN        :  SEJARAH    BAB II
KLAS                              :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                   :  6. Waktu 45´2

A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan cara masyarakat yang belum mengenal tulisan  dalam mewariskan masa lalunya
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan
  • mengklarifikasi jejak sejarah dalam folklore, mitologi, legenda upacara dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengklarifikasi perkembangan penulisan sejarah di ndonesia

 D. Indikator  :   Siswa memahami dan mendiskripsikan jejak sejarah di dalam folklore mitodologi, legenda, upacara dan lagu Daerah

E.  Materi
      B. Jejak-Jejak Sejarah Indonesia : 1. Folklore  2.  Mitologi   3.  Legenda  4. Upacara. 5. Lagu-lagu Daerah. 


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
                
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  71          
b. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          c. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
                                                                                                                                    
   
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 2  halaman 37-45



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                       :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN         :  SEJARAH   
KLAS                              :  1 ( Satu) / X 
PERTEMUAN                   :  7  Waktu 45´2

A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan cara masyarakat yang belum mengenal tulisan  dalam mewariskan masa lalunya
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan
  • mengklarifikasi jejak sejarah dalam folklore, mitologi, legenda upacara dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengklarifikasi perkembangan penulisan sejarah di ndonesia

 D. Indikator  :   Siswa memahami dan mendiskripsikan jejak sejarah di dalam folklore mitodologi, legenda, upacara dan lagu Daerah

E.  Materi
      C  Tradisi Sejarah Masyarakat Indonesia setelah mengenal tulisan : 1. Perkembangan sejarah Indonesia setelah Mengenal tulisan  2. contoh Rekaman tulisan dalam tradisi sejarah 3. Perkembangan penulisan sejarah di indonesia


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
            b. Guru tanya sampai di mana materi pelajaran                                                   1
    
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70          
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 2  halaman 46-60


         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                      :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH    BAB II
KLAS                             :  1 ( Satu) / X  
PERTEMUAN                  :  8. Waktu 45´2                                             
                          
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan cara masyarakat yang belum mengenal tulisan  dalam mewariskan masa lalunya
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan
  • Mengklarifikasi jejak sejarah dalam folklore, mitologi, legenda upacara dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengklarifikasi perkembangan penulisan sejarah di ndonesia
 D. Indikator  :   
Siswa memahami dan mendiskripsikan mengidentifikasi dan mengklarifikasi Tradisi sejarah Masyarakat indonesia sebelum penulisan sejarah.

E.  Materi :
Bab 2 : A. Tradisi sejarah Masyarakat indonesia sebelum mengenal tulisan sampai 
3 Perkembangan penulisan sejarah di indonesia

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. menyiapkan untuk ulangan                                                                              1
    
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi bab 2                         5         
          b. Mengerjakan soal ulangan Blok                                                                                      81
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 2  halaman 28-60



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                      :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH   
KLAS                             :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  9  Waktu 45´2                                             
                          
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan cara masyarakat yang belum mengenal tulisan  dalam mewariskan masa lalunya
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah pada masyarakat sebelum mengenal tulisan
  • Mengklarifikasi jejak sejarah dalam folklore, mitologi, legenda upacara dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia
  • Mengklarifikasi perkembangan penulisan sejarah di ndonesia
 D. Indikator  :  
      Siswa memahami dan mendiskripsikan mengidentifikasi dan mengklarifikasi Prinsip prinsip dasar penelitian sejarah.

E.  Materi
BAB 3 : Prinsip prinsip dasar penelitian sejarah : A. Dasar dasar penelitian sejarah : 1. Tahap penelitian sejarah. 2. Heuristik dalam sejarah  3. Verifikasi dalam sejarah  4. Inteprestasi dalam sejarah  5. Sumber sumber dalam sejarah   6. Bukti dan fakta sejarah  7. Artefak dalam sejarah  8 Fakta mental dalam sejarah. 9  Fakta sosial dalam sejarah.

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat pagi dan Salam                                                                                1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
            b. Guru tanya sampai di mana materi pelajaran                                                   1
    
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70            
b. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          c. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 2  halaman 62-68



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  10  Waktu 45´2                                           
           
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
     3.   Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah
  • Mendiskripsikan sumber, bukti dan fakta sejarah
  • Mendiskripsikan jenis-jenis sejarah
  • Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lesan
  • Mengidentifikasi peristiwa, peningggalan sejarah dan monument peringatan peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya

D. Indikator  :  
Siswa dapat memahami mengidentifikasi arfetak dalam sejarah  . zaman batu : Zaman Paleolitikum   . Zaman Mesolitikum,   Zaman Neolitikum.  Zaman Megalitikum
E.  materi :
     7. Arfetak dalam sejarah  : a. zaman batu : 1, Zaman Paleolitikum   2. Zaman Mesolitikum  3. Zaman Neolitikum.  4  Zaman Megalitikum

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
             
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  71         
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2


G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 3  halaman 68-75



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009

       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS )                                                                    (S. Esap. M. Si)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  11. Waktu 45´2                                           
           
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah
  • Mendiskripsikan sumber, bukti dan fakta sejarah
  • Mendiskripsikan jenis-jenis sejarah
  • Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lesan
  • Mengidentifikasi peristiwa, peningggalan sejarah dan monument peringatan peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya

D. Indikator  :   Siswa dapat memahami mengidentifikasi zaman logam : Zaman tembaga, zaman perunggu  zaman besi,  Fakta mental dalam sejarah, Fakta sosial dalam sejarah

E.  materi :
b. zaman logam : 1. Zaman tembaga, 2. zaman perunggu  3. zaman besi  8. Fakta mental dalam sejarah
9 Fakta sosial dalam sejarah

F.  Kegiatan Pembelajaran
                                                                                    Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
             
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  71          
b. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          c. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 3  halaman 75-79



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH   
KLAS                             :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  12 Waktu 45´2                                            
                             
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah
  • Mendiskripsikan sumber, bukti dan fakta sejarah
  • Mendiskripsikan jenis-jenis sejarah
  • Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lesan
  • Mengidentifikasi peristiwa, peningggalan sejarah dan monument peringatan peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya

D. Indikator  :   Siswa memahami dan mendiskripsikan dasar-dasar penelitian sejarah, jenis-jenis sejarah Tahap penelitian sejarah sampai dengan,  Fakta sosial dalam sejarah

E. materiA. Dasar-Dasar Penelitian sejarah : 1. Tahap penelitian sejarah sampai dengan    9 Fakta sosial dalam sejarah
     
F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. persiapan ulangan                                                                                         2
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi yang lalu                   15        
          d. Mengerjakan soal ulangan blok                                                                                    70
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 3  halaman  62-79



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                      :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH   
KLAS                             :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  : 13  Waktu 45´2                                            
                             
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah
  • Mendiskripsikan sumber, bukti dan fakta sejarah
  • Mendiskripsikan jenis-jenis sejarah
  • Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lesan
  • Mengidentifikasi peristiwa, peningggalan sejarah dan monument peringatan peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya

D. Indikator  : 
 Siswa memahami dan mendiskripsikan Prinsip Dasar dalam Penelitian Sejarah Lesan : . Sumber Berita Pelaku Sejarah, Sumber Berita dari Saksi Sejarah, Tempat Peristiwa Sejarah  Latar belakang munculnya peristiwa sejarah., Pengaruh dan akibat dari peristiwa sejarah

E. materi :
      B. Prinsip Dasar dalam Penelitian Sejarah Lesan : 1. Sumber Berita Pelaku Sejarah  2. Sumber Berita dari Saksi Sejarah   3. Tempat Peristiwa Sejarah  Latar belakang munculnya peristiwa sejarah. 5. Pengaruh dan akibat dari peristiwa sejarah

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
             
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  71          
b. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
           c. Diskusi, Tanya jawab                                                                                      15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 3  halaman  80-84



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH    BAB III
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 : 14 Waktu 45´2                                              
                             
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah
  • Mendiskripsikan sumber, bukti dan fakta sejarah
  • Mendiskripsikan jenis-jenis sejarah
  • Mendiskripsikan prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lesan
  • Mengidentifikasi peristiwa, peningggalan sejarah dan monument peringatan peristiwa bersejarah yang ada di sekitarnya

D. Indikator  :  
Siswa memahami dan mendiskripsikan jejak jejak sejarah masa lampau Peninggalan sejarah   Monumen peringatan peristiwa bersejarah. Kronologis sejarah indonesia

E. materi :
C. Jejak jejak masa lampau : 1. Peninggalan sejarah   2, Monumen peringatan peristiwa bersejarah. 3. Kronologis sejarah indonesia

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
             
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70           
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab dan Evaluasi materi Bab 3                                               16
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 3  halaman  85-94



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  15  Waktu 45´2                                            
                            
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Menganalisis proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
  • Menyusun pereodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal Indonesia
  • Membedakan cirri-ciri social budaya dan ekonomi perkembangan kehidupan masyarakat berburu sampai dengan munculnya masyarqakat pertanian Indonesia.
  • Mendiskripsikan perkembangan teknologi dan sisitim kepercayaan awal masyarakat Indonesia
  • Menghubungkan perkembangan budaya Bac Son-Hao Binh, Dong Son dan India dengan perkembangan awal masyarakat di kepulauan Indonesia

D. Indikator  :  
Siswa dapat Menganalisis Menyusun Membedakan Mendiskripsikan Menghubungkan Prinsip Dasar dalam Penelitian Sejarah Lesan,  Kronologis sejarah indonesia


E. Materi    :   
B. Prinsip Dasar dalam Penelitian Sejarah Lesan sampai 3. Kronologis sejarah indonesia


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan ulangan                                                                            2
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan materi yang lalu                                              10          
          b. Siswa mengerjakan ulangan                                                                             75        
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 4  halaman  80-94



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                       :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH   
KLAS                            :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  16 Waktu 45´2                                            
                            
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Menganalisis proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
  • Menyusun pereodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal indonesia
  • Membedakan cirri-ciri social budaya dan ekonomi perkembangan kehidupan masyarakat berburu sampai dengan munculnya masyarqakat pertanian Indonesia.
  • Mendiskripsikan perkembangan teknologi dan sisitim kepercayaan awal masyarakat Indonesia dan Menghubungkan perkembangan budaya Bac Son-Hao Binh, Dong Son dan India dengan perkembangan awal masyarakat di kepulauan Indonesia

 D. Indikator  :.  
Siswa dapat memahami dan Menganalisis Mendiskripsikan Kehidupan awal Mayarakat Indonesia : Proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia

E. materi :  BAB 4 ; A Kehidupan awal Mayarakat Indonesia : Kehidupan Masyarakat Berburu dan mengumpulkan makanan : 1. Lingkungan Alam Kehidupan 2. kehidupan sosial  3. Kehidupan budaya.  4. Kehidupan Ekonomi Masyarakat  5. Kehidupan Kepercayaan Masyarakat


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1

       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  71        
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab                                                                                       15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 4  halaman  100-102



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS )                                                                    (S. Esap. M. Si)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN       :  SEJARAH   
KLAS                             :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 : 17  Waktu 45´2                                             
                             
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Menganalisis proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
  • Menyusun pereodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal indonesia
  • Membedakan cirri-ciri social budaya dan ekonomi perkembangan kehidupan masyarakat berburu sampai dengan munculnya masyarqakat pertanian Indonesia.
  • Mendiskripsikan perkembangan teknologi dan sisitim kepercayaan awal masyarakat Indonesia dan Menghubungkan perkembangan budaya Bac Son-Hao Binh, Dong Son dan India dengan perkembangan awal masyarakat di kepulauan Indonesia

 D. Indikator  :  
Siswa dapat memahami dan Menganalisis Kehidupan Masyarakat Beternak dan bercocok tanam  . Lingkungan alam kehidupan  , Kehidupan sosial. kehidupan ekonomi. sistim kepercayaan masyarakat  . kehidupan budaya  . perhiasan 

E. materi :    B. Kehidupan Masyarakat Beternak dan bercocok tanam  1. Lingkungan alam kehidupan  2, Kehidupan sosial 3. kehidupan ekonomi 4. sistim kepercayaan masyarakat  5. kehidupan budaya  6. perhiasan 

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
            b. Guru tanya sampai di mana materi pelajaran                                                   1
    
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70           
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab dan PR                                                                           15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 4  halaman 103-108



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                             :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                : 18  Waktu 45´2                                             
                             
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah
B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah
C. Tujuan pembelajaran:
  • Menganalisis proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
  • Menyusun pereodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal indonesia
  • Membedakan cirri-ciri social budaya dan ekonomi perkembangan kehidupan masyarakat berburu sampai dengan munculnya masyarqakat pertanian Indonesia.
  • Mendiskripsikan perkembangan teknologi dan sisitim kepercayaan awal masyarakat Indonesia dan Menghubungkan perkembangan budaya Bac Son-Hao Binh, Dong Son dan India dengan perkembangan awal masyarakat di kepulauan Indonesia

 D. Indikator  :  
      Siswa memahami dan Menganalisis : Perkembangan Tehnologi Masyarakat awal Indonesia : Keadaan alam lingkungan kehidupan Manusia, Kehidupan sosial ekonomi Masyarakat, Kehidupan Budaya masyarakat

E. materi :    C. Perkembangan Tehnologi Masyarakat awal Indonesia : 1. Keadaan alam lingkungan kehidupan Manusia 2. Kehidupan sosial ekonomi Masyarakat  3. Kehidupan Budaya masyarakat

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
            b. Guru tanya sampai di mana materi pelajaran                                                   1
    
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70          
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab dan PR                                                                           15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 4  halaman 108-112



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  19  Waktu 45´2                                            
                              
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
     1.   Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
     2.  Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara dan masa aksara.
     3.   Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
1.     Menganalisis proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
2.     Menyusun pereodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal Indonesia
3.     Membedakan cirri-ciri social budaya dan ekonomi perkembangan kehidupan masyarakat berburu sampai dengan munculnya masyarqakat pertanian Indonesia.
4.     Mendiskripsikan perkembangan teknologi dan sisitim kepercayaan awal masyarakat Indonesia
5.     Menghubungkan perkembangan budaya Bac Son-Hao Binh, Dong Son dan India dengan perkembangan awal masyarakat di kepulauan Indonesia

D. Indikator  :   Siswa memahami dan dapat Mendiskripsikan Sistim Kepercayaan awal Masyarakat indonesia : Kepercayaan terhadap Roh Nenek Moyang, Kepercayaan bersifat Animisme, kepercayaan bersifat dinamisme, kepercayaan bersifat monoisme

E. Materi     : D. Sistim Kepercayaan awal Masyarakat indonesia :1.  Kepercayaan terhadap Roh Nenek Moyang   2. Kepercayaan bersifat Animisme 3. kepercayaan bersifat dinamisme 
4. kepercayaan bersifat monoisme

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan membuka buku materi pokok                                            1
            b. Guru tanya sampai di mana materi pelajaran                                                   1
    
       2. Inti :
          a. Guru menggali, menjelaskan, menerangkan dan  menguraikan materi                  70           
          b. Memberikan rangkuman dari materi pokok pengertian sejarah
c. Siswa Mendengarkan dan mencacat penjelasan-penjelasan materi pokok
          d. Diskusi, Tanya jawab   evaluasi bab 4                                                               15
                                                                                                                                    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 4  halaman 113-118



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                    :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  20  Waktu 45´2                                            
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan pengertian peradaban
  • Mendiskripsikan proses awal pembentukan peradaban dan cirri-ciri peradaban awal
  • Mendiskripsikan perkembangan peradaban awal Bangsa India, Cina, Yunan dan pengaruhnya terhadap terhadap peradaban  Indonesia

    D. Indikator  :   Siswa memahami dan mendiskripsikan Kehidupan  Mayarakat berburu dan pengumpulan makanan kepercayaan bersifat monoisme

E   Materi :   BAB 4 ; A Kehidupan  Mayarakat berburu dan pengumpulan makanan sampai  4. kepercayaan bersifat monoisme


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Menyiapkan ulangan                                                                                      2
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  10          
          b. siswa mengerjakan soal ulangan                                                                      75                                                                                                                                        
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 4  halaman 100-118



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  21 Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Menganalisis proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
  • Menyusun pereodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal Indonesia
  • Membedakan cirri-ciri social budaya dan ekonomi perkembangan kehidupan masyarakat berburu sampai dengan munculnya masyarqakat pertanian Indonesia.
  • Mendiskripsikan perkembangan teknologi dan sisitim kepercayaan awal masyarakat Indonesia
  • Menghubungkan perkembangan budaya Bac Son-Hao Binh, Dong Son dan India dengan perkembangan awal masyarakat di kepulauan Indonesia

D. Indikator  :   Siswa dapat Mendiskripsikan,  Menghubungkan Peradaban lembah sungai Shindu dan sungai gangga  : Keadaan geografis ,Peradaban lembah sungai shindu (Indus), peradaban sungai gangga

E.   Materi :       Bab 5   A. Peradaban lembah sungai Shindu dan sungai gangga  : 1. Keadaan geografis  2. Peradaban lembah sungai shindu (Indus)  3. peradaban sungai gangga

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya                                                   1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  76          
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         10
          
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 5 halaman 120-125



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  22 Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Menganalisis proses muncul dan perkembangnya kehidupan awal manusia dan masyarakat di kepulauan Indonesia
  • Menyusun pereodisasi perkembangan budaya pada masyarakat awal Indonesia
  • Membedakan cirri-ciri social budaya dan ekonomi perkembangan kehidupan masyarakat berburu sampai dengan munculnya masyarqakat pertanian Indonesia.
  • Mendiskripsikan perkembangan teknologi dan sisitim kepercayaan awal masyarakat Indonesia
  • Menghubungkan perkembangan budaya Bac Son-Hao Binh, Dong Son dan India dengan perkembangan awal masyarakat di kepulauan Indonesia

D. Indikator  :   Siswa dapat mendiskripsikan dan menghubungkan Peradaban Lembah sungai kuning (Hwang-Ho),Letak Geografis,Pertanian,Tehnologi  Aksara dan bahasa  Astronomi, Pemerintahaan, filsafat,Kebudayaan. Kepercayaan 

E.   Materi      : B. Peradaban Lembah sungai kuning (Hwang-Ho) 1. Letak Geografis  2. Pertanian  3. Tehnologi 
4. Aksara dan bahasa  5. Astronomi   6. Pemerintahaan  7. filsafat   8. Kebudayaan. 9. Kepercayaan 


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya                                                   1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  76          
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         10           
  
   3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 5 halaman 125-131



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH    BAB V smester II
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                  :  23  Waktu 45´2                                           
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan pengertian peradaban
  • Mendiskripsikan proses awal pembentukan peradaban dan cirri-ciri peradaban awal
  • Mendiskripsikan perkembangan peradaban awal Bangsa India, Cina, Yunan dan pengaruhnya terhadap terhadap peradaban  Indonesia

D. Indikator     : Siswa dapat  Mendiskripsikan Peradaban lembah sungai Eufrat dan Tigris (Mesopotamia)

E   Materi       : C. Peradaban lembah sungai Eufrat dan Tigris (Mesopotamia) ; 1. Letak Geogragris  2. Penduduk dan Masyarakat 3. Pertanian dan pengairan 4. Ilmu pengetahuan dan tehnologi  5. Aksara 6. Penanggalan Kalender 7. Perekonomian  8. pemerintahaan  9. Tata kota. 10 Kepercayaan  11. Peninggalan kebudayaan
         

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  76          
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         10 
         
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 5  halaman 132-138



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. )                                                                         (S. Esap. M. Si)










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  24 Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan pengertian peradaban
  • Mendiskripsikan proses awal pembentukan peradaban dan cirri-ciri peradaban awal
  • Mendiskripsikan perkembangan peradaban awal Bangsa India, Cina, Yunan dan pengaruhnya terhadap terhadap peradaban  Indonesia

D. Indikator  :   Siswa dapat mendiskripsikan Peradaban Lembah sungai Nill

E. Materi :         D. Peradaban Lembah sungai Nill   1. Letak geografis   2. Seni Bangunan  3, pertanian dan pengairan  4. Ilmu pengetahuan dan tehnologi  5. Tulisan  6. Astronomi/Penanggalan  7. Pemerintahan 8. Kepercayaan   9. Peninggalan kebudayaan  


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  66         
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         20
           
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 5  halaman 138-146



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE.SS)                                                                      (S. Esap. M. Si)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X 
PERTEMUAN                  :  25 Waktu 45´2                                            
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendiskripsikan pengertian peradaban
  • Mendiskripsikan proses awal pembentukan peradaban dan cirri-ciri peradaban awal
  • Mendiskripsikan perkembangan peradaban awal Bangsa India, Cina, Yunan dan pengaruhnya terhadap terhadap peradaban  Indonesia

D. Indikator     : Siswa memahami dan mendiskripsikan pengertian peradaban lembah sungai Shindu dan
sungai gangga, Peninggalan kebudayaan

E   Materi       : A. Peradaban lembah sungai Shindu dan sungai gangga  sampai 11. Peninggalan kebudayaan

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Persiapan ulangan                                                                                         2
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  10          
          b. siswa mengerjakan soal ulangan                                                                      75           
   
  3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 5  halaman 120-146



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE.SS)                                                                      (S. Esap. M. Si)














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  26  Waktu 45´2
                                               
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mengidentifikasi peradaban Kuno di eropa dan amerika
  • Menganalisis Keunggulan peradaban Kuno di eropa dan amerika
  • Mengidentifikasi peninggalan peradaban kuno di eropa dan amerika
  • membandingkan peradaban kuno di eropa dan amerika
  • menganalisis pengaruh peradaban kuno di eropa dan amerika terhadap kebudayaan indonesia

D. Indikator  :   Siswa dapat  mengidentifikasi, menganalisis membandingkan peradaban kuno di eropa Peradaban Pulau Kreta ,Peradaban Yunani 


E. Materi :
A. Peradaban Kuno eropa  : 1. Peradaban Pulau Kreta  2. Peradaban Yunani 

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
          Selamat dan Salam                                                                                             1
                                                                                                           
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  72     
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab dan PR                                                                             15    


      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 6 halaman 148-156



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                :  27  Waktu 45´2                                 
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

  • C. Tujuan pembelajaran: Mengidentifikasi peradaban Kuno di eropa dan amerika
  • Menganalisis Keunggulan peradaban Kuno di eropa dan amerika
  • Mengidentifikasi peninggalan peradaban kuno di eropa dan amerika
  • membandingkan peradaban kuno di eropa dan amerika
  • menganalisis pengaruh peradaban kuno di eropa dan amerika terhadap kebudayaan indonesia


D. Indikator  :   Siswa dapat  mengidentifikasi, menganalisis Peradaban Romawi

E. Materi     : B. Peradaban Romawi : 1 Letak dan keadaan alam romawi 2. Asal usul Bangsa Romawi  3. Administrasi dan pemerintahaan 4. Ilmu pengetahuan dan tehnologi 5. Kehidupan sosial dan ekonomi 6. Kepercayaan  7. peninggalan budaya 

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                            Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab dan PR                                                                             15
   
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2


G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 6 halaman 157-164



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  28  Waktu 45´2                                            
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mengidentifikasi peradaban Kuno di eropa dan amerika
  • Menganalisis Keunggulan peradaban Kuno di eropa dan amerika
  • Mengidentifikasi peninggalan peradaban kuno di eropa dan amerika
  • membandingkan peradaban kuno di eropa dan amerika
  • menganalisis pengaruh peradaban kuno di eropa dan amerika terhadap kebudayaan indonesia

D. Indikator : Siswa dapat  mengidentifikasi, menganalisis membandingkan peradaban kuno di Eropa dan Amerika

E. Materi      : C. Peradaban Kuno Amerika  1. Keadaan alam amerika  2. Penduduk  3.  Kerajaan kuno Amerika


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab dan evaluasi bab 6           
                                                                                    15    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 6  halaman 165-170



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  29  Waktu 45´2                                            
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
·          Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
·          Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan  kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
·          Merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
·          Membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
·          Mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
·          Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

    D. Indikator  : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis peradaban Romawi dan pendapat para ahli mengenai kehidupan awal

E. Materi          :  B. Peradaban Romawi sampai 2. pendapat para ahli mengenai kehidupan awal 

F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan untuk ulangan                                                                   1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  10      
          b   Siswa mengerjakan soal ulangan                                                                     76   
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 6  halaman 148-172



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                :  30  Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
  • Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
  • merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
  • membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
  • mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
  • Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

D. Indikator : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis Kehidupan awal manusia indonesia : Teori kehidupan di bumi,
E. Materi      : A. Kehidupan awal manusia indonesia : 1 Teori kehidupan di bumi 


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            Selamat dan Salam                                                                                           1
                                                                                   
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         15    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 7  halaman 174-179



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                :  31  Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
  • Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
  • merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
  • membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
  • mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
  • Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

D. Indikator : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis  pendapat para ahli mengenai kehidupan awal 

E. Materi      : 2. pendapat para ahli mengenai kehidupan awal 


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            Selamat dan Salam                                                                                           1
                                                                                   
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         15    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 7  halaman 174-179



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                :  32  Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
  • Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
  • merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
  • membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
  • mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
  • Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

D.Indikator      : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis, merekonstruksikan, membandingkan  mengidentifikasikan perkembangan kehidupan manusia purba dan budaya di indonesia

E. Materi         :  B. Perkembangan kehidupan manusia purba di indonesia  : 1. Apa itu manusia purba   2.  Para peneliti manusia purba di indonesia


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         15 
  
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika  Bab 7  halaman 179-185



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                :  33  Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
  • Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
  • merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
  • membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
  • mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
  • Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

D.Indikator      : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis, merekonstruksikan, Jenis jenis manusia purba di indonesia  4. Hasil hasil budaya manusia purba di indonesia 

E. Materi         :  3. Jenis jenis manusia purba di indonesia  4. Hasil hasil budaya manusia purba di indonesia 


F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab                                                                                         15 
  
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika  Bab 7  halaman 179-185



         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  34  Waktu 45´2                                            
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
  • Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
  • merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
  • membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
  • mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
  • Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

D. Indikator   : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis, Budaya Bacson-hoabinh, dong son, sa huynh, india di indonesia 

E. Materi        : C. Budaya Bacson-hoabinh, dong son, sa huynh, india di indonesia   : 1 Perkembangan budaya bacson hoabinh. 2, perkembangan budaya dong son 
F.  Kegiatan Pembelajaran :
                                                                                    Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab dan evaluasi bab 7                                                                        15    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 7 halaman 185-199


         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  35  Waktu 45´2                                            
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
  • Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
  • merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
  • membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
  • mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
  • Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

D. Indikator   : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis, Perkembangan budaya sa huynh  Perkembangan budaya india di indonesia   Perkembangan budaya logam di indonesia 

E. Materi    :  Perkembangan budaya sa huynh  Perkembangan budaya india di indonesia   Perkembangan budaya logam di indonesia 

F.  Kegiatan Pembelajaran :
                                                                                    Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. Siswa menyiapkan materi dan guru bertanya materi yang lalu                           1
                                                                       
       2. Inti :
          a. Guru menjelaskan, menerangkan dan menguraikan materi                                  71       
          b. Siswa mendengar dan mencacat  materi                                                                      
          c. Diskusi tanya jawab dan evaluasi bab 7                                                                        15    
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           2

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 7 halaman 185-199


         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



SEKOLAH                     :  SMA KATOLIK SANTO FRANSISKUS ASSISI
MATA PELAJARAN      :  SEJARAH   
KLAS                           :  1 ( Satu) / X
PERTEMUAN                 :  36 Waktu 45´2                                             
                        
A. Standar Kompetensi  :  Memahami prinsip dasar ilmu sejarah

B. Kompetensi dasar   :
  • Menjelaskan pengertian dan ruang lingkup imu sejarah
  • Mendiskripsikan tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa pra-aksara
  • Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C. Tujuan pembelajaran:
  • Mendriskipsikan dan mengklompokan berbagai fosil manusia purba di indonesia
  • Menganalisis jenis-jenis manusia purba di indonesia melalui bukti bukti arkeologi dan penyusunan kronologis perkembangan manusia purba di indonesia
  • merekonstruksikan penemuan manusia purba di indonesia
  • membandingkan proses migrasi ras proto melayu dengan deutro melayu
  • mengidentifikasi pengaruh budaya bacson hoabinh, dong son,sa huynh terhadap perkembangan budaya masyarakat awal di kepulauan indonesia
  • Mengidentifikasikan peninggalan budaya logam di indonesia

D. Indikator : Siswa dapat  mendiskripsikan, menganalisis, merekonstruksikan, membandingkan mengidentifikasikan manusia purba dan budaya di indonesia

E. Materi        :     A. Kehidupan awal manusia sampai    5. Perkembangan budaya logam di indonesia 



F.  Kegiatan Pembelajaran :                                                                             Waktu  (menit) :
      1. Pembuka :
            a. Selamat dan Salam                                                                                        1
            b. persiapan ulangan                                                                                         1
                                                                       
       2. Inti :
          a. siswa mengerjakan soal ulangan                                                                       85 
      3. Penutup :
          a. Doa dan Salam                                                                                                           3

G. Sumber : Buku paket Sejarah Jilid 1 Karangan I Wayan Badrika Bab 7  halaman 174 -191


         Mengetahui :                                                                         Samarinda, 14-Juli 2009
       Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran Sejarah



(Sr. M. Clara, P. FSE. SS)                                                                     (S. Esap. M. Si)